Friday, March 4, 2016

Polisi Akhirnya Berhasil Ungkap Pemilik Kulit Kabel Yang Bikin Ahok Ngamuk

Gulungan kabel di saluran air Patung Kuda. ©2016 merdeka.com/muhammad luthfi rahman
Gulungan kabel di saluran air Patung Kuda. ©2016








Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian memastikan bungkusan kabel dalam jumlah besar yang ditemukan di gorong-gorong Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, milik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Itu didapati usai melakukan penelusuran dan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi.

“Sementara sudah ada yang diinterview oleh tim dari Polda Metro Jaya bersama Suku Dinas Tata Air, pemeriksaan baik dari pihak PLN dan Telkom. Kemudian penyidikan lapangan termasuk pemeriksaan barang bukti sedang kita periksa di labfor, tapi untuk kita bandingkan gulungan bungkus itu mirip dengan gulungan kabel milik PLN dan bukan telepon (Telkom),” kata Tito di Polda Metro Jaya, Jumat (4/3/16).

Tito mengungkapkan, penetapan kabel milik perusahaan pelat merah itu berdasarkan perbandingan. Menurutnya, kulit kabel itu diindikasi karena untuk mengantarkan listrik.
“Sedangkan untuk Telkom bentuk gulungannya berbeda. Telkom lebih besar, serta di dalam isinya adalah serabut-serabut kabel kecil yang jumlahnya ratusan,” ucapnya.

“Kemudian jadi kesimpulan kita sementara ini kemungkinan kabel dari listrik yaitu PLN. Nah, memang menurut keterangan PLN, kabel-kabel di bawah tanah memang ada yang kadang-kadang tidak digunakan dan membuat jaringan baru. Nah, jaringan lama ini tidak diangkat,” tambahnya.
Tak diangkatnya kabel lama, lanjut dia, karena biaya pengangkatannya lebih tinggi daripada harga ekonomis dari kabel bekas yang sudah bertahun-tahun. Sehingga ada kecenderungan didiamkan di sana.
“Dan yang ini menjadi potensi kenapa? Karena kabel itu masih memiliki nilai ekonomis yang di dalamnya ada tembaga dan timah,” jelasnya.

“Jadi saya jelaskan sementara ini dari hasil koordinasi kita dengan pihak PLN dan Telkom temuan di lokasi, temuan barang bukti, dan temuan kasus dan ada foto batangan lama yang di ambil dan bentuk yang sama bentuk kabel PLN dan kita duga kabel PLN yang tidak terpakai dan dicuri kelompok tertentu. Tembaganya di ambil bungkusannya ditinggal. Kita masih selidiki siapa yang curi itu,” terangnya.
sumber: merdeka.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

Definition List

Unordered List

Support