Monday, May 27, 2013

Tangkap Tikus Yuuk...

Seekor tikus kecil terjebak dalam perangkap.
Kecil, begitu kecil, berlarian ke sana ke mari berusaha mencari jalan keluar.
Kawan saya mengangkat kotak jebakan, dia bingung dengan cara apa dimatikan tikus itu.

Siram air panas, teriak teman saya yang lain. Tapi susah karena kebetulan kami tidak memiliki air panas.
Rendam di dalam air saja, kata saya.
Usul saya yang terbaik.
Segera kami taruh kotak jebakan dalam ember dan menyiramnya dengan air,
sedikit demi sedikit sampai menenggelamkannya.

Tikus itu panik, berusaha mencari lubang udara.
Kasihan, seru saya dalam hati. Tapi tikus itu harus mati.
Satu gelembung udara terakhir, dan tikus itu pun mati....

Usai pembantaian itu, saya terdiam, masih memikirkan si tikus.
Bagaimana bila yang dalam posisi itu saya, mati tersiksa dalam air.
Sangat tidak menyenangkan dan menyakitkan.

Suatu ukuran sering Anda terapkan pada orang lain, sadar atau tidak.
Dia layak mati, layak dihukum, layak menderita, layak djauhi akibat kelakuannya.
Atau saya tidak layak dperlakukan seperti ini,
saya tidak layak dihina orang lain.
Standar ganda diterapkan, hal yang buruk layak diterapkan untuk orang lain,
sedangkan hal yang lebih baik diperuntukan untuk Anda.

Yang mungkin terlupakan,
ketika suatu ukuran buruk Anda terapkan pada orang lain,
maka orang lain pun akan melakukan hal yang sama pada Anda.
(LBP)

Salam anget.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Definition List

Unordered List

Support