Thursday, April 5, 2012

Inilah Rahasia Hidup Indah

Terburu-buru saya menuju pos imigrasi.
Pesawat ke Singapura sebentar lagi take off.
Petugas imigrasi yang jutek plus pelayanannya yang lelet, membuat mood hilang
dan bibir saya menjadi selalu tertekuk.

Bahkan sesampainya di negri tetangga, setiap orang yang saya temui pun menampilkan raut muka yang sama,
cuek, jutek, tidak ramah, dan ketus.

Saya sampai pada kesimpulan,
petugas bandara dan penduduk Singapura adalah orang-orang yang tidak menyenangkan.
Dan perjalanan selanjutnya tidak pernah saya nikmati,
kalau bukan karena pekerjaan, tidak akan saya lakukan.
Perjalanan yang membosankan dan ingin segera saya sudahi, lalu pulang ke rumah.


Itu dulu.
Itu saat saya bukan seorang penikmat hidup.
Itu saat saya suka merusak mood diri sendiri dan akhirnya menular ke orang lain.

Semuanya berubah ketika suatu hari saya melakukan perjalanan kerja dengan hati, yang kebetulan, gembira.
Aneh, semua petugas bandara yang saya temui semuanya ramah.
Begitu pula di Singapura.
Semua orang yang saya jumpai begitu menyenangkan.
Perjalanan itu menjadi momen yang mengasyikan,
dan perjalanan-perjalanan selanjutnya adalah perjalanan yang selalu saya tunggu.

Ini yang terjadi,
Setiap bertemu orang, saya selalu tersenyum lebih dahulu,
saya selalu menyapa ramah lebih dulu.
Efek yang dihasilkan luar biasa,
hampir semua orang yang saya jumpai memberikan senyum pada saya.

Petugas imigrasi Singapura, wanita tambun turunan India yang bermuka masam pun merelakan bibirnya untuk tersenyum pada saya.
Pedagang turunan Cina yang apatis di Tampiness bisa bercanda dengan saya.
Itu semua hanya karena saya tersenyum lebih dulu dan memulai percakapan dengan ramah,
tanpa peduli apa pun tanggapan orang,
tanpa mengharapkan mendapat perlakuan yang sama,
tanpa perlu pretensi,
tanpa adanya tendensi.

Tahukah Anda?
Kata sihir itu bernama "senyum"
itu yang akan membuat hidup dan dunia Anda menjadi indah...
(LBP)

Salam anget





Share:

0 comments:

Post a Comment

Definition List

Unordered List

Support