Sunday, August 20, 2017

Inilah Cara Cepat dan Halal Bayar Utang

Beberapa waktu lalu, selama 4 hari saya mengalami krisis keuangan.
Di dompet tidak ada uang sepeser pun.
Di beberapa rekening bank tersisa saldo tidak lebih dari 50.000 yang tidak mungkin bisa saya tarik.
Sedih sekali kondisinya.
Tapi yang paling membuat sedih,
keadaan ini terjadi karena piutang saya dimana-mana.
Ada yang berbentuk uang atau pun barang.


Selama 4 hari itu saya sibuk menagih piutang.
Tentu saja yang belum jatuh tempo, tidak saya tagih.
Saya menagihi orang-orang yang berhutang pada saya,
dari cara halus memohon-mohon,
sampai dengan cara keras dan kasar.
Hasilnya,
beberapa dari mereka ada yang mengunfriend saya di media sosial,
memblokir telpon saya,
menghindari saya,
bahkan ada yang balik memarahi saya.
Tapi tak satu pun yang membayar hutang.
Aneh rasanya, dulu saat mereka datang meminjam uang, begitu mengiba.
Saat ditagih malah mereka lebih galak.
Rasanya ingin menembak kepalanya.

Dalam kondisi terjepit ini, saya terpikirkan untuk meminjam uang ke kawan,
demi saya bisa makan,
demi bisa membelikan beras dan lauk untuk mama.
Sedih...

Lalu tiba-tiba, bayangan teman terlintas,
saat kami berjumpa di Semarang waktu lalu.
Ia membagikan pengalaman hidupnya soal hutang piutang.
Bahwa saat terjepit, dia tidak akan meminjam uang pada teman dekat.
Karena persahabatan begitu murah bila hanya dinilai dengan uang.
Lalu bagaimana bila kamu butuh sekali uang di saat mendesak, tanya saya.
Minta pertolongan pada DIA, begitu jawabnya. Manusia punya batas kemampuan, tapi DIA tak punya batas dalam menolong.

Pagi itu.......,
dalam kondisi terjepit,
saya meminta pertolongan pada DIA.
Apa pun yang terjadi, terjadilah.
Dan siangnya, tepat jam makan siang,
seorang kawan yang tidak terpikirkan sama sekali, membayar hutangnya, padahal belum jatuh tempo.

Selalu ada jalan keluar pada setiap masalah,
selama Anda mengandalkan DIA,
karena DIA, kekuatannya tak mengenal batas.

Salam anget.





**terima kasih kepada Vicky Martinus Widjojo atas inspirasinya.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Definition List

Unordered List

Support