Sunday, January 22, 2017

Ciri-ciri Musibah itu Adalah Azab

Ada banyak alasan yang membuat Anda suka atau benci pada orang lain.
Kadang alasan itu malah dicari-cari.
Pokoknya kalau tidak suka ya tidak suka, titik.

Iyalah,
itu hak Anda untuk suka atau tidak.
Yang penting tidak merugikan orang lain.

Yang menjadi buruk adalah inisiatif penghakiman pada orang lain,
kemudian meletakan cocoklogi atas peristiwa yang menimpa orang tersebut.

Suatu ketika tetangga sebelah rumahnya kemalingan.
Bila Anda suka dengannya,
maka Anda bilang itu cobaan dari Tuhan atas umatnya.
Bila Anda benci dengannya,
maka Anda, mungkin, bilang itu azab dari Tuhan atas kesalahan dan dosanya.

Siapa saya, Anda, kita?
Manusia tempatnya semua salah dan kekurangan,
kok berani-beraninya memberikan penghakiman atas peristiwa buruk yang menimpa orang lain.

Saya yakin seyakinnya,
semua peristiwa buruk yang dialami orang lain,
tidak ada hubungannya dengan saya.
Peristiwa buruk tersebut suatu ketika akan saya alami juga,
dalam bentuk sama atau berbeda versi,
dan ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan Anda.

Apa pun hal buruk atau baik yang terjadi pada saya, kita, biarlah Sang Kuasa yang menentukan dan menghakimi.
Hal buruk tetaplah buruk yang harus menjadi pijakan untuk bangkit lagi.
Hal baik tetaplah baik yang memang sudah waktunya kita dapatkan.

Hidup itu seperti arisan.
Tiap bulan dikocok.
Bisa jadi bulan ini saya yang untung, bulan depan giliran Anda.
Atau bisa jadi Anda sial sekarang, tapi jangan kuatir, giliran saya pasti datang.

Salam anget.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Definition List

Unordered List

Support